kisah mc'donald
Tahun 1937-an, masyarakat Amerika mulai
gandrung dengan mobil, kakak beradik Dik
& Mor berinovasi dengan membuka kedai khusus yang bisa memesan dari mobil.
Bisnis meraih sukses besar.
Menu andalan adalah hot-dog, gorengan
(french fries), burger, roti sandwich, coca cola dan aneka salad. Bisnis ini
meledak, bahkan antrian semakin panjang hingga keluar pintu.
Inovasi dilakukan yaitu dengan menghapus
pesanan dari mobil, fokus pada walk-up
customer, mengurangi daftar menu, fokus pada hamburger. Perubahan menjadi berita
di media, dan mereka mendapatkan iklan gratis.
Tahun 1955, usaha mereka stuck,
omsetnya tetap, dan banyak pendatang-pendatang baru yang meniru.
Akhirnya usaha itu mengalami kemunduran.
Adalah
Ray Kroc yang menuangkan semua konsep yang ada di kedua kepala kakak beradik
itu ke dalam sebuah manual tertulis
McDonald’s system. Manual itu dibeli dan ia pun mendapat hak untuk
memperluas bisnis McDonald’s dengan konsep franchise!
Dalam tempo 4 tahun, Ray Kroc berhasil
membuka 100 cabang Mc Donald’s tanpa modal sama sekali. Semuanya dibiayai oleh
para franchise.
Tugas .
Apakah yang membuat usaha Dik & Mor stagnant ?
Keterbatasan serta berkurangnya daftar menu, dan
hilangnya pesanan dari mobil. Banyak yang meniru dan tidak berinovasi sehingga kalah
bersaing.
Apa yang membuat Ray Korc berhasil ?
Melihat peluang MC’DONALD bahwa daftar menu hot-dog,
gorengan (french fries), burger, roti sandwich, coca cola, aneka salad dan
pemesan dari mobil itu masih di sukai costumer. Langkah awal keputusan Ray Korc
adalah membeli ide Dik & Mor dan berinovasi dengan konsep Franchise, yaitu
konsep membuka cabang bisnis yang sudah ada.
Kesimpulan
McDonald itu merupakan ide dari kakak beradik Dik
& Mor yang mengalami stagnant setelah menghapus pesanan dari mobil dan
mengurangi daftar menu. McDonald berganti kepemilikan, Ray Kroc adalah pemilik
serta yang membuat inovasi McDonald’s system dengan konsep franchise!, dalam
waktu 4 tahun berhasil membuka 100 cabang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar