Rabu, 11 November 2015

kisah mc'donald

       kisah   mc'donald

          Tahun 1937-an, masyarakat Amerika mulai gandrung dengan mobil,  kakak beradik Dik & Mor berinovasi dengan membuka kedai khusus yang bisa memesan dari mobil. Bisnis  meraih sukses besar.
         Menu andalan adalah hot-dog, gorengan (french fries), burger, roti sandwich, coca cola dan aneka salad. Bisnis ini meledak, bahkan antrian semakin panjang hingga keluar  pintu.
         Inovasi dilakukan yaitu dengan menghapus pesanan dari  mobil, fokus pada walk-up customer, mengurangi daftar menu, fokus pada hamburger. Perubahan menjadi berita di media, dan mereka mendapatkan iklan gratis.
         Tahun 1955, usaha mereka stuck, omsetnya  tetap, dan  banyak pendatang-pendatang baru yang meniru. Akhirnya usaha itu mengalami kemunduran.
         Adalah Ray Kroc yang menuangkan semua konsep yang ada di kedua kepala kakak beradik itu ke dalam sebuah manual tertulis  McDonald’s system. Manual itu dibeli dan ia pun mendapat hak untuk memperluas bisnis McDonald’s dengan konsep franchise!
        Dalam tempo 4 tahun, Ray Kroc berhasil membuka 100 cabang Mc Donald’s tanpa modal sama sekali. Semuanya dibiayai oleh para franchise.

Tugas .

Apakah yang membuat usaha Dik & Mor stagnant ?
       Keterbatasan serta berkurangnya daftar menu, dan hilangnya pesanan dari mobil. Banyak yang meniru dan tidak berinovasi sehingga kalah bersaing.

Apa yang membuat Ray Korc berhasil ?
      Melihat peluang MC’DONALD bahwa daftar menu hot-dog, gorengan (french fries), burger, roti sandwich, coca cola, aneka salad dan pemesan dari mobil itu masih di sukai costumer. Langkah awal keputusan Ray Korc adalah membeli ide Dik & Mor dan berinovasi dengan konsep Franchise, yaitu konsep membuka cabang bisnis yang sudah ada.

Kesimpulan
     McDonald itu merupakan ide dari kakak beradik Dik & Mor yang mengalami stagnant setelah menghapus pesanan dari mobil dan mengurangi daftar menu. McDonald berganti kepemilikan, Ray Kroc adalah pemilik serta yang membuat inovasi McDonald’s system dengan konsep franchise!, dalam waktu 4 tahun berhasil membuka 100 cabang.
 

Tidak ada komentar:

Soal UTS Sistem Informasi Perbankan

1.         Kegiatan bank sebagai lembaga keuangan adalah, kecuali... a.     Menghimpun dana                                   c. Memberik...